Wantannas Ciptakan Stabilitas Keamanan

   Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Sesjen Wantannas) Laksdya TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., beserta rombongan sosialisasikan tugas Wantannas kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 didampingi Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., beserta pejabat Seskoau di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang. Kamis (11/2/2021).

Pada kesempatan tersebut, Sesjen Wantannas menjelaskan Wantannas merupakan lembaga pemerintahan yang berkedudukan langsung di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas memberikan saran serta membantu Presiden dalam menyelenggarakan gerakan pembinaan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

 

Menurutnya, fungsi Wantannas antara lain menetapkan kebijakan dan strategi nasional dalam rangka pembinaan ketahanan nasional, menjamin keselamatan bangsa dan negara dari ancaman terhadap kedaulatan, persatuan, kesatuan, dan kelangsungan hidup bangsa dan negara Indonesia. “Disinilah ketahanan nasional sangat diperlukan guna menciptakan stabilitas keamanan sebagai syarat terwujudnya kepentingan nasional,” katanya.

Lanjut dikatakan bahwa menciptakan ketahanan nasional merupakan tugas segenap komponen bangsa dengan aksi bela negara melalui sinergi lintas sektoral sesuai tugas tanggung jawab dibidangnya masing-masing guna mencapai keamanan nasional dan sejahtera bagi bangsa Indonesia. Termasuk Pasis Seskoau Angkatan Ke-58, melalui literasi dapat meningkatkan kualitas SDM prajurit dalam rangka mendukung keamanan nasional.

Dewasa ini, katanya, perkembangan lingkungan strategis membawa spektrum ancaman yang semakin kompleks yang bentuk dan sifat ancaman tersebut multidimensional. Ancaman ini yang menjadikan beberapa negara merevisi sistem keamanan nasional maupun struktur organisasi yang menyangkut keamanan dengan menguatkan peran lembaga Dewan Keamanan Nasional (Wankamnas), termasuk Indonesia yang berupaya merevitalisasi Wantannas menjadi Wankamnas.

Keberadaan Wankamnas, lanjutnya, akan sangat membantu Presiden dalam mengelola dan menjamin stabilitas keamanan nasional yang sangat dibutuhkan untuk terlaksananya proses pembangunan nasional guna terwujudnya tujuan dan kepentingan nasional yaitu terciptanya rasa aman dan sejahtera.

Setelah memberikan ceramah mengenai “Strategi Ketahanan Nasional”, Sesjen Wantannas memberikan buku “The Spearhead of Sea Power” kepada Pasis Seskoau Angkatan ke-58 guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dan dilanjutkan audiensi dengan pejabat Seskoau dalam rangka mendukung upaya optimalisasi pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Setjen Wantannas dalam pemberian saran tindak sebagai telaah strategis kepada Presiden RI dan Revitalisasi Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) menjadi Dewan Keamanan Nasional (Wankamnas).

Turut hadir dalam acara ini Deputi Polstra Irjen Pol Drs. Sukma Edi Mulyono, M.H., Deputi Pengembangan Marsda TNI Dr. Sungkono, S.E., M.Si., Deputi Jiandra Laksda TNI Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.AP., Deputi Sisnas          Mayjen TNI Made Datrawan, S.I.P., Sahli Iptek Dr. Ir. Hendri Firman Windarto, M.Eng., Mayjen TNI Moh. Hatta Usmar Rukka, Sahli Sosbud Mayjen TNI Ana Supriatna, S.I.P., M.Si., Sahli Hankam Laksda TNI Gregorius Agung W. D., M.Tr (Han)., dan Sahli Hukum Irjen Pol Drs. Komarul Zaman, S.H., M.H.