Waaspers Kasau : Pendidikan Sebagai Titik Sentral Pembinaan Personel TNI AU

 Waaspers Kasau : Pendidikan Sebagai Titik Sentral Pembinaan Personel TNI AU    


SESKOAU, LEMBANG. Pendidikan merupakan salah satu daur pembinaan personel dan tenaga manusia (Binpersman) yang berperan aktif dalam mewujudkan prajurit TNI Angkatan Udara berjiwa kesatria, militan, loyal, dan profesional, sehingga pendidikan sebagai titik sentral dalam pembinaan personel agar kualitas sumber daya manusia tetap terjaga.

Hal tersebut disampaikan Waaspers Kasau Marsma TNI Mujianto, S.T., M.Tr (Han)., saat memberikan pembekalan kepada calon siswa Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau) Angkatan Ke-16 di Gedung Widya Mandala II, Seskoau, Lembang, Kamis (08/07/2021).

“Jadilah Perwira TNI Angkatan Udara yang berjiwa kesatria, militan, loyal, dan profesional,” tegasnya. 

Menurutnya kesatria diartikan sebagai prajurit TNI Angkatan Udara yang memiliki jiwa pemberani, rela berkorban, dan berani membela kebenaran. Kemudian kata militan berarti prajurit TNI Angkatan Udara yang penuh semangat, aktif, pejuang, dan agresif memiliki keinginan dengan menggunakan cara, metode yang tegas sehingga pelaksanaan tugas tercapai dengan optimal.

Selanjutnya kata loyal yang memiliki arti kesetiaan kepada satuan, patuh terhadap aturan, memiliki rasa senasib dengan sesama, dan siap melaksanakan tugas dimanapun berada, serta kata profesional yang berarti mempunyai keahlian sesuai profesinya, mumpuni dalam bidang tugasnya, inovatif, kreatif, dan memiliki keinginan untuk berbuat sesuatu yang terbaik. 

Untuk mewujudkannya, kata Waaspers Kasau, membutuhkan pembinaan personel yang tepat melalui pendidikan dan pelatihan, salah satunya dengan mengikuti Sesau yang bertujuan mengembangkan dan meningkatkan kemampuan agar mampu bertugas pada jabatan staf yang berwawasan matra udara di tingkat manajerial II.

Selama seleksi berlangsung, Waaspers Kasau berharap seluruh calon siswa untuk mengikuti semua aturan yang sudah ditetapkan baik tertulis maupun tidak tertulis, dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya agar dapat memberikan kemampuan terbaik dalam setiap tahap seleksi, bersainglah secara sehat dan junjung tinggi sportivitas serta jangan lupa untuk berdoa memohon bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa untuk hasil yang terbaik.