Tiga Hari Kuliah Kerja, Pasis Seskoau A-58 Hasilkan Naskah Rentinkon Koopsau III

 SESKOAU, BIAKSetelah tiga hari melaksanakan kuliah kerja, Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-58 berhasil merumuskan rencana tindakan kontinjensi (Rentinkon) di wilayah tanggung jawab Koopsau III.

 

Bertempat di Gedung Serba Guna Hercules, Makoopsau III, Biak, Kamis (17/06/2021), dihadapan Kas Koopsau III Marsma TNI Ronald L. Siregar, S.T., M.M., M.Tr (Han)., dan pejabat Koopsau III para Pasis memaparkan naskah rentinkon yang dapat dijadikan gambaran dan indikator terjadinya suatu hal, sehingga dalam kondisi darurat dapat berbuat serta berkoordinasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

 

Kas Koopsau III mewakili Pangkoopsau III Marsda TNI Bowo Budiarto, S.E., CHMRP., mengapresiasi kineja Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 yang telah mencurahkan segala daya upaya, tenaga, dan pikiran sehingga dapat menghasilkan produk naskah mengenai rencana kontinjensi di wilayah Koopsau III.

Setelah mengetahui praktek penyusunan rentinkon, lanjutnya, Pasis semakin paham dan mempunyai kemampuan untuk menganalisa terhadap kemungkinan situasi yang akan berdampak terhadap keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Kita tidak boleh menyederhanakan masalah apapun perubahan dan dinamika lingkungan strategis harus dilihat menggunakan kacamata ketahanan negara,” ujarnya.

Adanya naskah rentinkon produk Pasis Seskoau Angkatan ke-58, Kas Koopsau III mengucapkan terima kasih dan berharap naskah yang telah tersusun dengan dilengkapi data, analisis, prediksi maupun rencana strategis dan aturan pelibatan kekuatan dalam menghadapi bentuk kontinjensi di wilayah kedaulatan NKRI, khususnya Koopsau III.

Pada kesempatan itu, Seslem Seskoau Kolonel Lek I Made Hartawan, S.I.P., M.M., M.Han., mewakili Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., menyampaikan terima kasih atas segala fasilitas, saran, dan masukan Kas Koopsau III beserta pejabat sehingga rangkaian Kuliah Kerja II/Penyusunan Rentinkon di Koopsau III dapat berjalan dengan lancar, aman, dan tanpa kendala berarti.

Selama kegiatan berlangsung, lanjutnya, para Pasis telah memberikan yang terbaik sehingga mencapai sasaran yang telah ditetapkan lembaga pendidikan menyangkut aspek akademis, aspek operasional, dan aspek latihan.

“Apa yang telah didapat selama kuliah kerja ini untuk dijadikan pengalaman berharga, kemudian dimengerti untuk menjadi bekal bagi penugasan di masa depan,” ujarnya seraya mengajak Pasis untuk tidak cepat berpuas diri dan tetap belajar guna meningkatkan kualitas diri.

Diakhir acara ini, Mayor Nav Maruli Tua Sinambela mewakili Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 menyerahkan naskah rencana tindakan kontinjensi di wilayah Koopsau III kepada Kas Koopsau III.