SESKOAU PERINGATI HARKITNAS 2016

Penseskoau, Jumat (20/05). Komitmen terhadap NKRI ini penting saya tegaskan kembali pada upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 ini mengingat setelah sekian lama berdiri sebagai bangsa, ancaman dan tantangan akan keutuhan NKRI tidak selangkah pun surut. Bahkan melalui kemajuan teknologi digital, ancaman radikalisme dan terorisme, misalnya, mendapatkan medium baru untuk penyebaran paham dan praktiknya. Demikian bagian sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang dibacakan oleh Komandan Seskoau Marsekal Muda TNI A. Dwi Putranto pada upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016 di Lapangan Walet Seskoau Lembang Bandung Barat, Jumat, (20/05/2016).

Selanjutnya Menkominfo mengatakan bahwa kita juga menghadapi permasalahan ketahanan bangsa secara kultural. Munculnya kekerasan dan pornografi, misalnya, terutama yang terjadi pada generasi yang masih sangat belia, adalah satu dari beberapa permasalahan kultural utama bangsa, yang akhir-akhir ini mengemuka dan memprihatinkan. Lagi-lagi, medium baru teknologi digital berperan penting dalam penyebaran informasi, baik positif maupun negatif, secara cepat dan massif.

Tidak hanya itu menurut Menkominfo ketika berbicara tentang lanskap dunia dalam konteks teknologi digital tersebut, kita juga menghadapi problem kaburnya batas-batas fisik antara domestik dan internasional. "Potensi pergaulan dan kerja sama saling menguntungkan akibat relasi dengan dunia internasional tumbuh makin intens, tetapi juga sekaligus makin rentan terhadap penyusupan ancaman terhadap keutuhan NKRI dari luar wilayah negeri ini", ujar Rudiantara..