Seskoau Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-88

Penseskoau, Jumat (28/10). Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Marsekal Muda TNI Dedy N. Komara, S.E. bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-88 tanggal 28 Oktober 2016, bertempat di Lapangan Apel Gedung Utama Kampus Seskoau Lembang, Bandung, Jumat, (28/10/2016). Upacara diikuti oleh Wadanseskoau Marsma TNI Emir Panji Dermawan, para Pejabat, para Dosen dan Perwira Penuntun Seskoau, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-53.

Danseskoau Marsda TNI Dedy N. Komara, S.E. pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi yang menyampaikan bahwa data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5% dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (BPS, 2014).

Secara kuantitas angka 24,5% ini menurut Menpora cukuplah besar. Ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati era yang langkah yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 287 juta jiwa.

Bonus Demografi menjadi Windosw opportunity (peluang) yang sangat strtegis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan. "Rasio sederhananya dapat digambarkan bahwa disetiap 100 penduduk Indonesia, terdapat 64 orang yang berusia produktif, sisanya 36 orang adalah usia anak-anak dan lansia. Rasio usia produktif diatas 64% sudah lebih dari cukup bagi Indonesia untuk melesat menjadi negara maju, itu adalah rasio usia produktif terbaik Indonesia yang mulai kita nikmati nanti Tahun 2020 dan akan berakhir pada Tahun 2035", ujar Imam Nahrawi.