Seskoau Peringati Hari lahir Pancasila

Penseskoau, Rabu (01/06/2016). Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) Marsekal Muda TNI A. Dwi Putranto bertindak selaku Indpektur Upacara pada upacara peringatan Hari Lahiran Pancasila tanggal 1 Juni 2016, bertempat di Lapangan Walet Kampus Seskoau Lembang, Bandung Barat, Rabu, (01/06). Upacara diikuti para Pejabat, para Dosen dan Perwira Penuntun, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Seskoau serta Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-53 TP 2016.

Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Komandan Seskoau Marsda TNI A. Dwi Putranto mengatakan bahwa Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dalam perjalanan telah mengalami berbagai gangguan, cobaan dan rintangan, namun Pancasila tetap kokoh, hadir, melekat dan menyatu dalam kehidupan warga negara Indonesia karena memang Pancasila adalah karakter dan kepribadian bangsa Indonesia. Kita akan terus menyakini saat ini dan diwaktu yang akan datang bahwa Pancasila tetap menjadi solusi bagi bangsa Indonesia.

Menurut Panglima TNI Pancasila bukan untuk dipelajari dan dihapalkan, tetapi Pancasila harus diamalkan dan diterapkan agar dalam sikap, tutur kata dan perbuatan sehari-hari tercermin nilai-nilai Pancasila, Pendek kata setiap "perbuatan yang baik dan benar" itu adalah cerminan warga negara Indonesia Pancasilais. "Sebagai Prajurit Sapta Marga dan PNS yang berpanca Prasetya Korpri tentunya kita wajib hukumnya untuk memulai memelopori memberi contoh dan tauladan "berbuat yang terbaik dengan cara yang baik dan benar" baik dalam kedinasan maupun dalam lingkungan kemasyarakatan", ujar Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.