Secara Virtual, Wara Seskoau Menyaksikan Apel Bersama Wanita TNI

Secara Virtual, Wara Seskoau Menyaksikan Apel Bersama Wanita TNI

Wanita TNI dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang sedang dan akan terus terjadi, di mana sebagai prajurit, Wanita TNI harus terus membina diri dan meningkatkan kemampuan. Karena Wanita TNI memiliki peran ganda selain sebagai prajurit TNI juga sebagai ibu rumah tangga yang berperan menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa.

Demikian yang disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., dalam sambutannya yang dibacakan Kasum TNI Letjen TNI Ganip Warsito di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Rabu (21/04/2021).

Diikuti secara langsung oleh 250 prajurit Wanita TNI dan 25 PNS Wanita serta disaksikan secara virtual oleh Wanita Angkatan Udara (Wara) Seskoau dari gedung Widya Mandala II Seskoau, Lembang, Kasum TNI menyampaikan bahwa tantangan ke depan semakin kompleks yang membutuhkan kemampuan seluruh prajurit termasuk Wanita TNI untuk terus beradaptasi agar tidak tergerus perubahan. “Kemajuan teknologi membawa berbagai paradoks,” tegasnya.

Contoh paling mudah, lanjutnya, teknologi komunikasi dengan media sosial dan internetnya yang digunakan untuk berbagai kegiatan positif tetapi juga kejahatan lintas negara, radikalisme, dan terorisme. Saat ini pun, katanya, Indonesia sedang menghadapi pandemi yang membawa berbagai perubahan signifikan pada kehidupan masyarakat. “Disinilah Wanita TNI dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi,” jelasnya.

Apel bersama Wanita TNI yang bertepatan dengan hari lahir pejuang emansipasi dan pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini menjadi simbol perjuangan emansipasi wanita Indonesia. Dalam apel yang bertemakan “Dilandasi Semangat Kesatria Dan Profesionalisme, Prajurit Wanita TNI Tetap Produktif Di Tengah Pandemi Covid-19”, bertindak selaku Komandan Upacara Letkol Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M., yang kesehariannya menjabat sebagai Danlanal Yogjakarta.