Secara Virtual, Danseskoau Mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI

LEMBANG, SESKOAU. Danseskoau Marsma TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., beserta pejabat, perwakilan dosen, dan patun Seskoau mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) secara virtual dari Lapangan Widya Ambara, Seskoau, Lembang, bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden RI Ir. H. Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Selasa (05/10/2021).

Mengawali sambutannya, Presiden RI Ir. H. Joko Widodo mengatakan bahwa pandemi Covid-19 layaknya perang yang berlarut-larut dan menguras tenaga, pikiran, mental, serta semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Keberhasilan Indonesia menangani pandemi Covid-19, lanjutnya, tidak terlepas dari peran besar TNI dengan terus menunjukan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan, pemanfaatan alutsista telah digunakan dan dikerahkan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.

“Bentuk kesigapan ini untuk terus diaktifkan dalam menghadapi berbagai spektrum ancaman yang lebih luas,” ujarnya.

Spektrum yang dimaksud seperti pelanggaran kedaulatan, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber,ancaman biologi, dan bencana alam.

Untuk itu, Presiden RI menegaskan transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan dalam rangka meletakan pondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat bertranformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperang di lingkungan strategis regional maupun global.

Selain itu, penguatan budaya strategis Prajurit dan Perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI yang manunggal dengan rakyat melalui sistem pertahanan keamanan rakyat semesta yang defensif aktif dengan pertahanan berlapis.

Dalam peringatan yang bertema “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang ini juga digelar berbagai alutsista TNI sebagai laporan kepada Presiden RI dan masyarakat bahwa  TNI siap menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.

Upacara peringatan HUT Ke-76 TNI, digelar secara terbatas, ditengah situasi pandemi Covid-19 ini turut hadir Wakil Presiden RI K.H. Ma'aruf Amin, Menkopolhukan RI Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, S.H., S.U., M.I.P., Menhan RI Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., dan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.