Pembukaan Seminar Awal Pendidikan Pasis Seskoau A-53

Program Revolusi Mental Menuju TNI AU Yang Bersih dan Profesional

Penseskoau, Rabu (16/3), Wakil Komandan Seskoau Marsekal Pertama TNI Emir Panji Dermawan secara resmi membuka Seminar Awal Pendidikan sebagai program Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-53 di Bangsal Srutasala, Lembang Bandung Rabu (16/3). Seminar akan berlangsung selama dua hari dengan tema "Sudah siapkah TNI AU Melaksanakan Program Revolusi Mental Menuju TNI AU Yang Bersih dan Profesional", menghadirkan pemrasaran Ir. Vita Soemarno manurung, M.M. dari Yayasan Jati Diri Bangsa.

Dalam sambutannya Danseskoau Marsda TNI A. Dwi Putranto yang dibacakan Wadanseskoau Marsma TNI Emir Panji Dermawan menyatakan bahwa melalui seminar ini para Pasis dapat mengaplikasikan dan mengembangkan pelajaran-pelajaran yang sudah diperoleh, antara lain metodologi riset, teori analisis dan berfikir kritis, pertemuan ilmiah, dasar berfikir sistem serta analisis data pada penelitian kuantitatif. Sedangkan dari data hasil penelitian selama kuliah kerja I, para pasis mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan masalah dan mencari solusi atas permasalahan yang terjadi sehingga menghasilkan pemecahan permasalahan yang komprehensif.

Sementara itu Pemrasaran Ir. Vita Soemarno Manurung, M.M. mengupas tentang Pembangunan Karakter Bangsa. Dari tema Seminar, menurut Pemrasaran bahwa pada dasarnya program Revolusi Mental menuju TNI AU yang besih dan professional adalah pembangunan karakter itu sendiri bagi seluruh personel TNI AU. "Pembangunan karakter harus diupayakan dan prosesnya sampai dengan akhir hayat yaitu mengubah pola pikir dan sikap mental personel dengan berbuat jujur, terbuka, bertanggung jawab, komitmen dan mau berbagi serta dilaksanakan dengan niat yang baik maka hal tersebut akan menjadikan jati diri dan karakter personel TNI AU itu sendiri", ujar Ir. Vita Soemarno.