Pembekalan Pasis Sesau A-13, Kasau Minta Pasis Adaptif Dengan Revolusi Industri 4.0

            Di era informasi, keunggulan pertempuran adalah melalui kolaborasi setiap unsur            di mana alutsista modern dan berbagai sistem yang dipergunakan, berupa teknologi disruptif dari kemajuan Revolusi Industri 4.0. “Untuk itu, Perwira Siswa (Pasis) harus adaptif dengan Revolusi Industri 4.0,” ujar Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., saat memberikan pembekalan melalui telekonferensi dari Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, kepada 30 Pasis Sesau Angkatan Ke-13 yang akan mengakhiri pendidikan. Rabu (13/5/2020).

            Menurutnya, pola ancaman di masa lalu akan sangat berbeda dengan pola ancaman saat ini karena kekuatan militer menggunakan berbagai macam teknologi yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Perkembangan ancaman terhadap suatu negara akan mengikuti perkembangan zaman, termasuk perkembangan teknologi sehingga TNI Angkatan Udara harus beradaptasi dengan perkembangan tersebut.

            Kasau mengatakan Revolusi Industri 4.0 akan membawa peluang kemajuan teknologi yang harus diambil diselaraskan dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM) untuk menjawab tantangan tersebut, karena SDM merupakan aset utama yang dimiliki TNI Angkatan Udara. Hal ini sejalan visi pemerintahan saat ini yaitu Indonesia Maju salah satunya dengan menitikberatkan pembangunan dan pengembangan SDM.

            Melalui Pendidikan Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau), lanjut Kasau, Para Pasis Sesau Angkatan Ke-13 dapat mengembangkan kemampuan dan keterampilannya untuk adaptif terhadap perkembangan teknologi sehingga setelah kembali ke kesatuan masing-masing dapat mengaplikasikan wawasan, pemahaman, dan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh serta meningkatkan loyalitas kepada negara bangsa melalui TNI Angkatan Udara.

Kasau berharap Pasis Sesau Angkatan Ke-13 dapat menjadi pemimpin yang diteladani bawahannya serta mendengarkan aspirasi anggota untuk kemajuan organisasi. Menurutnya, organisasi akan berjalan dengan baik dan lancar sesuai sasaran yang diharapkan ketika pemimpin dan bawahan dapat bekerja sama dengan baik. “Tetaplah belajar di mana pun Pasis bertugas, pertahankan idealisme kalian sebagai prajurit profesional, militan dan inovatif serta selalu mengingat pengabdian diri kalian bagi bangsa dan negara,” tegas Kasau.

            Acara ini turut diikuti secara daring Danseskoau Marsda TNI Hendri Alfiandi, Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., para Direktur, Kepala Departemen, Dosen dan Patun dari Seskoau, Lembang, serta seluruh Pasis Sesau Angkatan Ke-13.