Pelajari Manajemen Logistik, Pasis Sesau A-16 Kunjungi Lima Instansi

 LEMBANG, SESKOAU. Kesiapan operasional pesawat TNI Angkatan Udara menjadi faktor penting dalam pelaksanaan tugas TNI Angkatan Udara, tentunya terdapat manajemen logistik dalam mendukung kesiapannya.

Demikian yang disampaikan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat mendampingi Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Sesau Angkatan ke-16 di Auditorium Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (09/09/2021).

Melalui kuliah ini, menurutnya Pasis dapat mempelajari, mengetahui, dan mendapatkan informasi dan data-data secara menyeluruh mengenai manajemen logistik dengan mengunjungi lima instansi yaitu Pusalpalhan Baranahan Kemhan RI, Slogau, Disadaau, Dismatau, dan Disaeroau dalam rangka mendukung kesiapan operasional pesawat TNI Angkatan Udara.

“Manfaatkan sebaik mungkin kuliah kerja ini untuk mendapatkan data-data dan menganalisa kendala yang mungkin dihadapi kelima instansi tersebut, karena nantinya akan menjadi bahan penyusunan naskah untuk seminar mendatang,” ujarnya.

Naskah hasil seminar, katanya, akan menjadi sumbangsih akademis Pasis Sesau Angkatan ke-16 bagi pimpinan TNI maupun TNI Angkatan Udara dalam menentukan kebijakan kedepannya.

Sementara itu Aslog Kasau Marsda TNI Djamaluddin, M.Si (Han)., dalam sambutannya yang dibacakan Paban I/Ren Slogau Kolonel Tek Cahyo Tursiono, S.E., mengatakan bahwa komunitas logistik TNI Angkatan Udara berharap dapat mendukung kebutuhan secara efektif dan efisien pada tahun 2021 dan tahun mendatang dengan dilandasi jiwa kesatria, militan, loyal, dan profesional sehingga akan menghasilkan sesuatu yang berguna untuk meningkatkan kemampuan dukungan logistik demi terselenggaranya tugas TNI Angkatan Udara.

Upaya peningkatan kemampuan dukungan logistik, ujarnya, perlu diawali niat yang tulus dan ikhlas untuk memantapkan penyelenggaraan manajemen logistik, khususnya di bidang pembekalan dan kesiapan dukungan suku cadang alutsista yang berkesinambungan. Selain itu, pada bidang pemeliharaan agar tetap mengutamakan kemampuan Depo Pemeliharaan secara optimal dan meningkatkan kemampuan pemeliharaan melalui kerja sama dengan Industri Strategis Nasional.

Pada kesempatan ini, Aslog Kasau berharap Pasis mendapatkan pengetahuan mengenai mekanisme pemenuhan elemen dasar logistik yaitu materiel, fasilitas, dan jasa sehingga terwujud kesiapan operasional alutsista secara optimal.

Kuliah kerja yang bertemakan “Manajemen Logistik Dalam Mendukung Kesiapan Operasional Pesawat TNI Angkatan Udara” dilanjutkan dengan Pembekalan Aslog Kasau yang disampaikan Paban I/Ren Slogau, kemudian paparan Kasubdissarban Disaeroau Kolonel Tek Dindin Budiman, dilanjutkan paparan Kasubdis Bindalada Disadaau Letkol Kal Taufik Nurdin, S.E., M.M., selanjutnya paparan Kasubdismatpesbang Dismatau Kolonel Tek Edi Siswoyo, S.E., M.M., dan paparan Pusalpalhan Baranahan Kemhan RI Kolonel Tek Vitra Ahmad Yani.