Pasis Seskoau dan Sesau Pelajari Mekanisme Pertahanan Udara Nasional

Didampingi Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi dan Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., sebanyak 88 Perwira siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-57 dan Sesau Angkatan Ke-13 mempelajari mekanisme pertahanan udara nasional di Kosekhanudnas III, Medan. Rabu (10/3).

 Kosekhanudnas III, menurut Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., merupakan salah satu komando pelaksana operasi Kohanudnas yang bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan operasi pertahanan udara di wilayahnya sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah pertahanan udara nasional untuk mendukung tugas pokok Kohanudnas. Salah satu fungsinya, katanya, menyelenggarakan operasi pertahanan udara aktif yang meliputi kegiatan deteksi, identifikasi, penyergapan atau intersepsi dan penindakan sasaran di udara dalam rangka pengawasan serta penegakan kedaulatan NKRI.

Untuk menjalankan mekanisme dan mengawakinya, menurut Pangkosekhanudnas III diperlukan SDM yang berkualitas. Melalui kuliah kerja ini, menjadi langkah awal para Pasis menjadi personel dengan SDM yang berkualitas seirama perkembangan teknologi masa kini. "Kalian adalah pewaris semangat perjuangan bangsa, maka belajarlah sebaik mungkin selama berada di lembaga pendidikan Seskoau," tegasnya karena keberhasilan pelaksanaan operasi pertahanan udara bukan hanya ditentukan dari alutsista berkemampuan tinggi tetapi lebih penting bagaimana menghasilkan output yang optimal dari kondisi yang dihadapi.

Senada hal tersebut, Danseskoau mengatakan Kosekhanudnas III sebagai mata bagi wilayah pertahanan udara di ujung barat Indonesia menjadi tempat yang wajib dikunjungi terkait pengamanan wilayah perbatasan dan berharap melalui kuliah kerja ini dapat mengambil atau mengumpulkan data-data untuk mendukung pelaksanaan seminar nasional di bulan April mendatang. "Terima kasih Pangkosekhanudnas III beserta staf atas sambutan, dukungan dan memfasilitasi kegiatan para Pasis ini," ujar Danseskoau seraya mengingatkan kepada Pasis untuk aktif bertanya dan berkoordinasi untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya rombongan meninjau System Operational Center (SOC) III sebagai sistem operasi udara yang dimiliki Kosekhanudnas III dan mendapatkan penjelasan secara rinci mengenai mekanisme pertahanan udara dari Kaposekhanudnas III Mayor Lek Javolin Nainggolan, S.M.