Pasis Seskoau A-58 Laksanakan Kuliah Kerja II di Koopsau I

 Kadepmastra Seskoau Kolonel Tek Muhammad Riswanto, S.Pd., M.M., memimpin Kuliah Kerja II Rencana Tindakan Kontinjensi (Rentinkon) Pasis Seskoau Angkatan ke-58 yang diterima secara langsung Kas Koopsau I Marsma TNI Yorrys S. Koloay, S.I.P., M.Han., di Gedung Roesmin Nurjadin Makokoopsau I, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (15/06/2021).

 

Pada kesempatan itu, Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., dalam sambutannya yang dibacakan Kadepmastra Seskoau menyampaikan bahwa kemampuan membuat dan menyusun rentinkon harus dimiliki para Perwira TNI karena diperlukan untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas kedepan.

 

Dengan kemampuan tersebut, lanjutnya, para Perwira dalam hal ini Pasis dapat mengantisipasi, memprediksi, menganalisis, dan merumuskannya dalam suatu dokumen strategis terhadap suatu ancaman dan kondisi darurat yang mungkin akan terjadi aspek-aspek pertahanan dan keamanan NKRI sehingga pelibatan TNI mutlak diperlukan untuk penanggulangannya baik melalui OMP maupun OMSP.

Oleh karena itu, kurikulum pendidikan Seskoau memprogramkan Kuliah Kerja II Rentinkon sebagai bagian dari proses pembelajaran yang diterapkan di Seskoau.

Sementara itu, Pangkoopsau I Marsda TNI Tedi Rizalihadi S., M.M., dalam sambutan yang dibacakan Kas Koopsau I menyambut baik kuliah kerja ini dan diharapkan para Perwira Siswa (Pasis) Seskoau dapat belajar dan bertukar pikiran dalam membuat perencanaan Tindakan dalam menghadapi kontinjensi yang dilaksanakan Koopsau I.

Hal ini sangat penting, lanjutnya, agar Koopsau II mampu memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan jajarannya dalam menghadapi segala ancaman yang timbul.

Bertemakan “Melaksanakan Praktek Penyusunan Rentinkon Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Menghadapi Kontinjensi Operasi Militer Selain Perang”, kegiatan yang rencananya dilaksanakan selama tiga hari ini nantinya dapat menghasilkan perencanaan tindakan strategis di wilayah Koopsau I agar nantinya mampu memelihara dan meningkatkan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan jajarannya dalam menghadapi kemungkinan ancaman yang timbul dalam rangka menegakan kedaulatan negara.

Kuliah kerja II/Penyusunan Rentinkon ini tidak hanya dilaksanakan di Koopsau I Jakarta, tetapi juga dilaksanakan secara serentak di Kohanudnas Jakarta, Koopsau II Makassar, dan Koopsau III Biak.