Pasca Libur Akhir Tahun, Seskoau Gelar Swab Test Antigen

 Pasca melaksanakan libur akhir tahun menyambut Natal dan tahun baru 2021, secara serentak Seskoau menggelar swab test antigen yang diikuti seluruh personel Seskoau, honorer, dan karyawan golf di GOR Widya Krida, Seskoau, Lembang. Selasa (05/01/2021).

Menurut Wakil Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Seskoau, Kolonel Kes Drs. M. Ridwan, M.Kes., M.Si., swab test ini dilaksanakan dalam rangka mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus corona setelah bepergian ataupun mengunjungi suatu tempat selama liburan. “Ini merupakan salah satu upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus, sehingga tidak menjadikan klaster baru di lingkungan Seskoau,” ujarnya seraya menindaklanjuti arahan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Seskoau Kolonel Tek Moch. Ishak Sugandi sesuai perintah Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han).

Pada kesempatan ini, Klinik Seskoau bekerja sama dengan RSAU dr. M. Salamun menyiapkan ratusan alat test antigen untuk mengidentifikasi personel yang terpapar virus corona dengan mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari virus tersebut dalam tubuh seseorang. Menurut Kakes Seskoau Mayor Kes drg. Lisye, Sp.Ort., sampel diambil dari lendir di dalam hidung dengan metode usap (swab) dan hasilnya dapat dilihat beberapa jam kemudian agar hasilnya lebih valid. Namun, lanjutnya, untuk lebih memastikannya sampel tersebut reaktif atau non reaktif akan dibawa ke RSAU dr. M. Salamun.

“Apabila terdapat personel yang reaktif, maka akan langsung dirujuk ke RSAU Dr. M. Salamun untuk dilakukan swab PCR,” ujar Kakes Seskoau seraya menghimbau kepada seluruh personel dan keluarga besar Seskoau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker dimanapun berada.