MENTERI SOSIAL RI : PAHLAWANKU SEPANJANG MASA

            "Pahlawanku sepanjang masa," ujar Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara dalam sambutannya yang dibacakan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat apel khusus dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-75 Tahun 2020 di Lapangan Widya Ambara, Seskoau, Lembang. Selasa (10/11/2020). 

Menurutnya Hari Pahlawan tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan jiwa raga untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa, seperti tema yg diangkat kali ini "Pahlawanku Sepanjang Masa".

"Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka," katanya dan menjelaskan bahwa dahulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata, sedangkan saat ini generasi muda melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan melawan berbagai permasalahan bangsa seperti bencana alam, narkoba, paham radikal, dan perjuangan melawan pandemi Covid-19.

Meskipun dalam masa pandemi Covid-19 dengan peserta terbatas dan menyesuaikan protokol kesehatan, lanjutnya, peringatan Hari Pahlawan diharapkan tidak menghilangkan makna perjuangan tersebut bahkan dapat menambah energi untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa yang didasari nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, dan bergotong royong yang perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia.

"Yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa," katanya seraya mengajak untuk menjadikan semangat kepahlawanan sebagai motor penggerak pengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita para pahlawan dan pendiri negeri ini.

Tidak hanya itu, Menteri Sosial RI Juliari P. Batubara dalam sambutannya mengajak anak bangsa untuk membuktikan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia.