Kasau : Lulusan Seskoau Harus Adaptif Terhadap Perkembangan Teknologi

 “Para Perwira lulusan Seskoau harus bersikap adaptif terhadap perkembangan teknologi dan sebisa mungkin memanfaatkannya di satuan-satuan yang akan kalian pimpin,” ujar Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., saat menutup pendidikan Seskoau Angkatan Ke-57 TP. 2020 di Ruang Auditorium Denma Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur. Kamis (12/11/2020) yang turut dihadiri Wakasau Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S., Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., para Asisten Kasau, Danpuspomau, dan para Kadis jajaran Mabesau dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dikatakan adaptif terhadap perkembangan teknologi, Kasau kembali menyampaikan penekanan Presiden RI Ir. Joko Widodo saat peringatan Ke-75 HUT TNI lalu, bahwa Indonesia berada dalam era lompatan teknologi militer yang sangat cepat sebagai konsekuensi dari Revolusi Industri keempat. Menurutnya, lompatan teknologi tersebut dapat menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pertahanan, tetapi juga dapat berubah menjadi teknologi disruptif yang akan mengancam kedaulatan Negara. “Menghadapinya, tentu kita harus segera beradaptasi dan mengakuisisi berbagai teknologi mutakhir tersebut,” jelasnya.

Lebih mendesak, lanjutnya, TNI Angkatan Udara harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar dapat mengakselerasi berbagai inovasi dan kemajuan di dalam organisasi yang selaras dengan kemajuan zaman. “Lulusan Seskoau adalah salah satu dari potensi SDM tersebut,” tegasnya seraya menyakini lulusan Seskoau memiliki perspektif baru dalam melihat berbagai tantangan tugas ke depan yang juga akan membantu organisasi menuju arah yang semakin baik.

Dalam upacara penutupan pendidikan yang dilaksanakan secara daring ini, secara khusus Kasau menekankan kepada lulusan Seskoau untuk menumbuhkankembangkan budaya lifelong learning sebagai prinsip mencari ilmu pengetahuan, wawasan, dan terus mengasah juga mengembangkan kemanpuan yang telah diterima selama melaksanakan pendidikan di Seskoau. Meskipun pendidikan telah berakhir, katanya, tetaplah terus mencari pengalaman dan mengembangkan wawasan seluas-luasnya, baik melalui pendidikan formal maupun non-formal, sehingga semakin siap menghadapi berbagai perkembangan dinamika yang ada.

Di akhir pendidikan Seskoau Angkatan Ke-57 TP. 2020 yang diikuti 150 Perwira Siswa terdiri dari 140 Pasis TNI Angkatan Udara termasuk 15 Pasis Wanita Angkatan Udara (Wara), 2 Pasis TNI Angkatan Darat, 2 Pasis TNI Angkatan Laut, 2 Pasis Polri, 4 Pasis mancanegara dari Amerika Serikat, India, Malaysia, dan Singapura, menetapkan Mayor Pnb Rahman Fauzi, S.T., jabatan Pamen Lanud Hasanuddin sebagai lulusan terbaik meraih piagam dan thropy predikat Widyatama dan Mayor Tek Ardian Infantono, S.Kom., M.Eng., jabatan Dosen Gol. V Akademi Angkatan Udara sebagai penyusun Taskap terbaik meraih piagam dan thropy Sastratama.

Sebelum upacara penutupan pendidikan, Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Inong Fadjar Prasetyo memberikan pembekalan kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 beserta istri yang diikuti secara daring dalam rangka memantapkan langkah Pasis dan istri guna menyongsong tugas kedepannya.