KADISPENAU : PUBLIC RELATION ITU PENTING

“Public relation itu penting dalam membangun opini publik,” ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto, M.Si., saat memberikan ceramah kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang. Senin (27/1). Dikatakan penting, karena menurut Kadispenau, Public Relation (PR) dapat menciptakan pemahaman antara organisasi dan publiknya, mampu membangun citra positif organisasi dan opini publik yang mendukung kinerja organisasi serta menciptakan kerja sama yang baik.

 

Mengutip pernyataan Frank Jefkins, tambahnya, PR adalah semua bentuk komunikasi yang terencana baik ke dalam maupun keluar antara suatu organisasi dengan semua khalayak guna mencapai tujuan-tujuan spesifik yang berlandaskan pada rasa saling pengertian. “Setelah terjalin keharmonisan, rasa saling pengertian antara organisasi dengan khalayak maka kita dapat menata kelola isu dan masalah organisasi melalui pemberian informasi yang benar serta responsif terhadap opini publik,” tegasnya.

 

Lanjut dikatakan, Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 merupakan calon pemimpin yang nantinya secara estafet memegang tongkat kepemimpinan sehingga harus mengerti dan memahami pentingnya PR dalam mendukung tugas dimasa depan. “Saat ini sudah tidak zamannya perang secara frontal, konvensional, melainkan perang informasi termasuk hoax yang dapat mengancam kedaulatan bangsa,” ungkapnya. Informasi serasa berada digenggaman tangan dengan hanya bermodalkan smartphone dan melalui media sosial maka informasi dapat tersebar dalam hitungan detik dan menjadi viral. “Ini yang perlu kita antisipasi dengan meluruskan segala informasi yang tidak benar atau hoax melalui opini publik dengan kegiatan PR,” tegasnya.

 

Membangun opini publik hakekatnya sebuah proses peperangan untuk mendapatkan opini publik dan meluruskan informasi yang tidak jelas kebenarannya. Kuncinya, kata Kadispenau, harus menjalin saling pengertian, publikasi, komunikasi, koordinasi antara organisasi, media massa dan khalayak sehingga terbentuk citra positif organisasi.

 

Ceramah yang berlangsung komunikatif dua arah ini diikuti Pasis Seskoau Angkatan Ke-57 dengan penuh semangat dan antusias dimana tercatat beberapa pertanyaan dari Pasis terkait kegiatan PR di satuannya masing-masing.