Guna Lebih Adaptif Terhadap Setiap Perkembangan, Danseskoau Resmi Membuka Dua Kursus

Guna lebih adaptif terhadap setiap perkembangan dan perubahan lingkungan strategis yang begitu cepat, tidak terduga serta sulit diprediksi, Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., secara resmi membuka dua kursus di Gedung Widya Mandala I, Seskoau, Lembang. Senin (16/11/2020).

Kedua kursus tersebut antara lain Kursus Tenaga Pengajar Akademis (Susgajarmis) Angkatan Ke-31 dan Kursus Komandan Satuan (Susdansat) TNI Angkatan Udara Tahun 2020 diikuti sebanyak 55 peserta yang rencananya dilaksanakan hingga 27 November mendatang dengan menerapkan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru.

Menurut Danseskoau, tenaga pengajar merupakan salah satu dari sepuluh komponen pendidikan yang turut memberikan andil untuk keberhasilan mewujudkan tujuan pendidikan serta menentukan kualitas hasil didik. Seorang tenaga pengajar, baik dosen maupun perwira penuntun (patun), katanya, harus memiliki ilmu pengetahuan yang memadai, terus update informasi khususnya mengenai kependidikan dan pembimbingan kepada siswa sehingga proses belajar mengajar dapat terlaksana dengan baik.

Kemudian lanjutnya, peran seorang komandan dalam suatu kesatuan sangatlah penting guna meningkatkan kinerja satuan. Apabila para komandan satuan dapat menjalankan kepemimpinannya secara baik, profesional, dan didukung karakter yang kuat tentunya akan menjadi teladan dalam menginspirasi anak buah untuk memberikan yang terbaik dalam rangka mencapai tujuan satuan.

“Kualitas profesionalisme tenaga pengajar dan komandan satuan sangat dituntut untuk mengarahkan siswa maupun anak buah agar menjadi personel yang berkualitas,” ujarnya karena dalam era perkembangan teknologi informasi dan digital diperlukan figur yang senantiasa peka dan adaptif terhadap setiap perubahan yang mampu mengarahkan peserta didik atau siswa dan anak buah ke arah yang lebih baik, positif mendukung tugas keberhasilan tugas ke depan yang lebih kompleks dan dinamika lapangan yang bervariasi, apalagi dihadapkan dengan pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui kursus ini sebagai salah satu upaya memberikan pembekalan kepada Perwira Menengah TNI Angkatan Udara yang mengemban jabatan sebagai tenaga pengajar dan komandan satuan di jajaran TNI Angkatan Udara agar dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dapat dilaksanakan dengan baik, terarah, efektif, dan efisien. “Kesempatan ini merupakan sarana untuk menambah pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas diri terhadap perkembangan TNI dan TNI Angkatan Udara,” ujarnya.