Danseskoau : TNI AU Butuh Perwira Yang Memiliki Kapasitas dan Kapabilitas

                                                                                  

“TNI Angkatan Udara membutuhkan Perwira yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang dapat diandalkan,” kata Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han”)., membacakan sambutan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat membuka pendidikan Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau) Angkatan Ke-14 secara daring dari Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang. Rabu (05/08/2020). Dengan itu, lanjutnya, dapat melaksanakan tugas-tugas masa depan yang semakin kompleks serta dapat menjawab tantangan dinamika kesatuan yang terus berkembang dengan pesat.


Apalagi dihadapkan perkembangan lingkungan strategis dan ilmu pengetahuan, menurut Danseskoau dengan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian cepat telah melahirkan tatanan dunia baru yaitu revolusi industri 4.0. “Kondisi ini perlu direspon secara cepat dengan mempersiapkan SDM TNI Angkatan Udara yang berkualitas, profesional, terlatih dan terukur sehingga memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi tantangan tugas di masa depan serta mampu melaksanakan tugas secara optimal,” tegasnya.

Hal tersebut perlu dipersiapkan agar dapat mendukung impian Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., yang ingin membawa TNI AU menjadi Angkatan Udara yang disegani di Kawasan. “Kunci utama untuk meraih impian tersebut adalah melalui pengembangan kualitas pendidikan bagi SDM TNI Angkatan Udara,” katanya mengutip pernyataan Kasau, yang salah satunya diselenggarakan dalam pendidikan Sesau Angkatan Ke-14 TP. 2020.

Dikarenakan pandemi Covid-19 ini, kata Danseskoau, pendidikan sebagian besar akan dilaksanakan secara daring dengan memaksimalkan teknologi komunikasi agar Perwira Siswa (Pasis) senantiasa aman, tetap produktif tanpa menurunkan kualitas proses belajar mengajar yang akhirnya menghasilkan SDM TNI Angkatan Udara yang unggul. Dengan pola pendidikan yang padat dan kegiatan akademik yang beragam, ujarnya, akan mengarahkan para Perwira Siswa memiliki kemampuan manajemen staf yang profesional, berkarakter unggul, serta memiliki pengetahuan dan wawasan lebih luas dan mumpuni.

Dalam upacara yang dilaksanakan secara sederhana, undangan yang terbatas dengan adaptasi kebiasaan baru dan diikuti secara daring oleh Pasis Sesau Angkatan Ke-14 ini, Danseskoau berharap para Pasis melaksanakan pendidikan ini secara serius, fokus dan sungguh-sungguh untuk semaksimal mungkin menggali potensi diri, menyerap dan menganalisa seluruh pengetahuan yang diberikan lembaga serta berupaya mengerti dan memahami segala materi agar ilmu pengetahuan yang diperoleh nantinya dapat memberi manfaat dalam kedinasan.