Danseskoau : Secara Kolaborasi Keberhasilan Tugas Akan Tercapai

 “Dengan melaksanakan tugas secara bersama-sama atau secara kolaborasi, maka keberhasilan tugas akan tercapai,” ujar Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., membacakan sambutan Komandan Seskoau Marsma TNI Samsul Rizal, S.I.P. M.Tr (Han)., saat apel pagi di Lapangan Widya Krida, Seskoau, Lembang. Rabu (17/6/2020).

Untuk itu, lanjutnya, dukungan dan kerja sama seluruh personel Seskoau guna mewujudkan Seskoau yang lebih baik serta maju sangat diperlukan, tentunya diselaraskan dengan cara kerja yang disampaikan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. “Kedepankan cara kerja komunikatif, inklusif, dan kolaboratif sebagai pedoman untuk diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas sesuai bidang masing-masing,” tegasnya.

Menurutnya, cara kerja yang komunikatif yaitu memastikan setiap arahan, perintah, dan informasi dapat sampai dan diterima dengan baik oleh semua unsur. Kemudian secara insklusif, yaitu melibatkan peran serta seluruh unsur secara berimbang. Dilanjutkan semangat kolaboratif, yaitu semangat untuk saling bekerja sama, bahu membahu membangun TNI Angkatan Udara secara umum dan Seskoau secara khusus untuk lebih baik dan maju.

Untuk tercapainya mekanisme kerja yang komunikatif, insklusif dan kolaboratif, dibutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia Seskoau yang berkualitas, di mana selain memiliki jiwa nasionalisme, penguasaan teknis, kepribadian yang baik, dan kualitas fisik yang tangguh, juga harus didukung kemampuan literasinya. Literasi, katanya, dapat dipahami sebagai kemampuan identifikasi, pemahaman dan interpretasi, kreasi dan komunikasi dalam dunia yang semakin digital, semakin dimediasi oleh tulisan, semakin kaya informasi dan semakin cepat untuk berubah. “Memiliki literasi yang baik, akan menjadi katasilator guna menjamin tercapainya tugas dengan hasil yang excellent,” ujarnya.

 

Apel pagi dilaksanakan dengan tetap memperhatikan physical distancing dan menerapkan tatanan kehidupan normal yang baru, disertai arahan untuk tetap mematuhi dan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ada serta prosedur new normal sesuai instruksi Pemerintah. Hal ini dilakukan,  sebagai dukungan dan kepedulian TNI AU khususnya Seskoau guna memutus rantai penyebaran Covid-19. “Saya ingin memastikan agar kesehatan dan keselamatan seluruh keluarga besar Seskoau tetap terjamin sehingga tugas-tugas dapat berjalan aman dan lancar,” tutupnya.