Danseskoau : Pemimpin Adalah Pelayan Bagi Anak Buahnya

 LEMBANG, SESKOAU. Seskoau adalah lembaga pendidikan pengembangan umum tertinggi di TNI Angkatan Udara sebagai wadah untuk mendidik Perwira menjadi seorang pemimpin yang lebih baik. Di antara pelajaran yang diberikan kepada Perwira Siswa (Pasis), salah satunya leadership atau kepemimpinan yang juga membahas bahwa seorang Komandan atau pemimpin adalah pelayan bagi anak buahnya.

Demikian yang disampaikan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat memimpin Apel Khusus di Lapangan Widya Ambara, Seskoau, Lembang, Bandung, Rabu (22/09/2021).

Lanjut dikatakannya bahwa ketika seseorang ditunjuk menjadi Komandan maka tugasnya adalah melayani bukan dilayani. “Alhamdulilah saya telah dapat melaksanakan tugas sebagai Danseskoau sejak akhir Mei 2020 sampai sekarang, sehingga kurang lebih selama 15 bulan memimpin Seskoau,” jelasnya.

Oleh karena itu, tambahnya, apabila selama kepemimpinannya terdapat hal-hal yang dirasa baik, maka dapat dijadikan teladan atau pelajaran yang berharga dan seandainya ada hal-hal yang kurang baik, maka dapat dilupakan dan jangan ditiru.

Mudah-mudahan pelayanannya selama ini kepada civitas academica Seskoau, dapat dirasakan manfaatnya baik dari segi sarana prasarana, kesejahteraan, maupun program pendidikan bagi Pasis.

Diawal berdinas di Seskoau tentu kulon nuwun terlebih dahulu, kata Danseskoau, kini tidak terasa 15 bulan terasa cepat berlalu dan mendapatkan kepercayaan pimpinan untuk melanjutkan tugas sebagai Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) III yang rencananya serah terima jabatan akan dilaksanakan pada 23 September besok di Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur.

“Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini saya mohon pamit dan mohon dimaafkan apabila selama ini memberikan pelayanan kepada seluruh civitas academica Seskoau, ada hal-hal kurang berkenan baik dalam perkataan, sikap, dan tingkah laku,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Danseskoau juga menyampaikan secara pribadi dan mewakili keluarga mengucapkan terima kasih atas dukungan, bantuan, serta kerjasamanya selama ini, karena pencapaian Seskoau tentu tidak bisa sampai sejauh ini tanpa bantuan keluarga besar Seskoau.

Contoh sederhananya, lingkungan Seskoau terlihat indah, bersih, dan nyaman adalah hasil dari bantuan bapak ibu sekalian dan hal tersebut memberikan dampak positif kepada Danseskoau selaku pemimpin di Seskoau

“Sekali lagi ucapan terima kasih atas segala bentuk bantuan dan dukungan bagi saya selama menjabat di Seskoau ini, serta mohon doa restunya untuk mengemban tugas jabatan yang baru dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

            Acara dilanjutkan dengan jalan santai bersama mengelilingi ksatrian Seskoau diselingi canda tawa bersama keluarga besar Seskoau, dilanjutkan penanaman pohon pule untuk lebih menghijaukan Seskoau.