Danseskoau : Kelulusan Sebagai Motivasi Memberikan Yang Terbaik

Danseskoau : Kelulusan Sebagai Motivasi Memberikan Yang Terbaik

SESKOAU, LEMBANG. Selama lima bulan melaksanakan pendidikan Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau), Perwira Siswa (Pasis) menerima berbagai materi pelajaran guna meningkatkan wawasan, kualitas pemikiran, membentuk karakter, dan kepribadian seorang pemimpin yang diselaraskan dengan perkembangan lingkungan strategis karena tantangan ke depan semakin sulit diprediksi dan kompleks.

Tuntutan akan tugas dan tanggung jawab tentunya mengedepankan kualitas, kapasitas, dan kapabilitas diri, sehingga momen kelulusan dan keberhasilan menyelesaikan pendidikan harus dijadikan sebagai motivasi untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara, hal tersebut disampaikan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat menutup pendidikan  Sesau Angkatan Ke-15 di Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, Bandung, Kamis (27/05/2021).

“Jangan cepat berpuas diri dengan apa yang sudah diperoleh, melainkan untuk selalu mengasah dan meningkatkan kualitas diri dengan terus belajar, perbanyak literasi dengan memanfaatkan berbagai sarana dan prasana yang ada,” ujar Danseskoau.

Sebagai seorang Perwira, apalagi lulusan Sesau harus berpikir kreatif secara manajerial terhadap bidang tugasnya sehingga dapat adaptif terhadap perkembangan zaman dan melakukan berbagai inovasi atau terobosan dalam membangun etos kerja di satuan dalam mendukung tugas TNI Angkatan Udara.

Sementara itu, Danseskoau juga menutup Penataran Istri (Penatris) Pasis Sesau Angkatan ke-15 yang telah berlangsung selama lima hari yang diikuti secara daring maupun luring.

Dikatakan bahwa waktu yang relatif singkat telah dimanfaatkan para istri Pasis untuk menerima materi yang sangat penting sebagai bekal mendampingi suami dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di kesatuan.

“Peran istri dalam mendampingi suami sangatlah penting dalam rangka mendukung keberhasilan tugas suami dan tentunya menjadi teladan bagi istri anak buah,” katanya.

Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, lanjutnya, senantiasa untuk selalu diasah, di-update dengan informasi dan wawasan sehingga dapat terus berperan aktif dalam membangun keharmonisan keluarga, masyarakat, serta lingkungan organisasi.

Secara keseluruhan baik pelaksanaan pendidikan maupun penatris Sesau Angkatan ke-15, Danseskoau mengapresiasi semangat dan antusias para Pasis beserta istri dengan komunikasi, koordinasi, serta interaksi yang terjalin dengan baik sehingga sasaran yang diharapkan dapat tercapai.

“Saya berharap selesainya pendidikan ini menjadi awal yang baik untuk kita semua, untuk lebih intens menjalin komunikasi, berkoordinasi, dan kerja sama guna mewujudkan keinginan pimpinan dalam menjadikan TNI Angkatan Udara yang disegani di Kawasan,” jelasnya.

Pendidikan ini diikuti sebanyak 49 Perwira Menengah TNI Angkatan Udara, termasuk 10 Wanita Angkatan Udara (Wara) dan menetapkan Mayor Tek Dedi Junaedi, A.Md., S.E., yang kesehariannya menjabat Peneliti Golongan V Dislitbangau sebagai Pasis Terbaik Sesau Angkatan Ke-15 TP 2021 dan memperoleh predikat Widyatama. (Pen Seskoau)