Danseskoau Apresiasi Pelaksanaan Latihan Posko OYU Matra

 SESKOAU, LEMBANG. Kurang lebih selama lima hari pelaksanaan Latihan Posko Olah Yudha (OYU) Matra I Operasi Militer Perang (OMP) bagi Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 dan Pengenalan Latihan Posko bagi Pasis Sesau Angkatan Ke-15 di Gedung Widya Yudha, Pusat Olah Yudha Seskoau, akhirnya selesai dilaksanakan.

Selama latihan berlangsung, terlihat mekanisme pelaksanaan dan kemampuan penyelenggaraan kegiatan baik dari sisi komando latihan maupun pelaku latihan berjalan dengan baik, sehingga disimpulkan penyelenggaraan Latihan Posko OYU Matra I dapat terlaksana secara aman, lancar, dan berhasil sesuai sasaran yang diharapkan.

Demikian yang disampaikan Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., diakhir pelaksanaan Latihan Posko OYU Matra I di di Gedung Widya Yudha, Pusat Olah Yudha Seskoau, Lembang. Jumat (16/04/2021).

Meskipun demikian, tentu ada beberapa kekurangan-kekurangan yang harus diperbaiki dalam kesempatan latihan berikutnya agar dapat lebih baik dan transfer knowledge dapat berlangsung lebih efektif.

Dalam kesempatan itu, Kapusoyu Seskoau Kolonel Pnb Nurtantio Affan, S.E., M.H., mengatakan untuk menjadikan pengalaman berharga pelaksanaan latihan ini, karena kedepannya diadakan Latihan Posko OYU Matra II, Latihan Pra PKB Opsgab, dan PKB Opsgab.

“Silakan masing-masing pribadi memahami dan mencerna materi latihan baik PPKM maupun bagaimana menuangkan konsep operasi ke dalam sebuah perencanaan operasi yang terdapat operasi pendahuluan, operasi pokok, serta operasi pengakhiran,” jelasnya.

Perlu diingat, katanya, dalam konsep operasi ada konsep menyerang, bertahan, dan mendukung yang perlu dirangkum pada sebuah strategi dan taktik agar dapat menghasilkan konsep strategi operasional yang dapat diaplikasikan dengan baik.

Diakhir latihan ini, disampaikan beberapa evaluasi yang disampaikan Dirjiandiklat Seskoau Kolonel Tek Suryanto selaku Ketua Tim Evaluasi dan hasil penilaian secara obyektif yang disampaikan Ketua Tim Penilai Kolonel Adm Heri Napitipulu, S.E., M.M., yang memutuskan Kogasudgab K sebagai tim dengan nilai produk terbaik, kemudian secara simbolis Danseskoau menyerahkan hadiah kepada Pangkogasudgab K Mayor Lek Muhammad Ali Umar.