Seskoau Peringati Hari Lahir Pancasila

Penseskoau, Kamis (1/6). Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) Marsda TNI Dedy N. Komara, S.E. bertindak selaku Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2017, bertempat di Lapangan Widya Krida Kampus Seskoau Lembang, Bandung, Kamis, (1/6/2017). Upacara diikuti para Pejabat, para Dosen dan Perwira Penuntun Seskoau, para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil serta Perwira Siswa Seskoau Angkatan ke-54.

Danseskoau Marsda TNI Dedy N. Komara, S.E. pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang menyampaikan bahwa kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. “Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan”, ujar Presiden Jokowi.

Oleh karena itu, Presiden mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila.