PASIS SESKOAU A-56 LAKSANAKAN TES SAMAPTA TAHAP I

Penseskoau, Perwira Siswa Seskoau A-56 melaksanakan tes samapta tahap pertama termasuk juga diikuti oleh  para Pasis manca Negara yang berlangsung di lapangan Widya Dirgantara kampus Seskoau Lembang, Jumat (5/4). Tes samapta pagi ini selain di pantau langsung oleh  Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M. Tr. (Han) juga turut mengawasi Dirdik Seskoau, Dankorsis para pejabat, Para Dosen, Para Patun dan Perwira lainya. Tes kesamaptaan jasmani merupakan program dari pendidikan Seskoau yang dilaksanakan 3 kali terbagi dalam tahap pertama, tahap kedua dan tahap ketiga pada akhir pendidikan.

Dalam pengarahanya Dirdik Seskoau Kolonel Pnb BAsuki Rocmat mengatakan, tes kesemaptaan jasmani ini wajib dilaksanakan oleh para Pasis Seskao A-56 dan hasil akan dijadikan bahan evaluasi dalam palaksanaan pendidikan tuturnya. Lakukan semua agenda kegiatan ini dengan penug tanggung jawab dan keiklasan serta ukurlah batas kemampuan yang maksimal jangan memaksakan diri sehingga berakibat fatal pungkasnya.

Sementara itu Dankorps Siswa  Pasis A-56 Kolonel Pnb Atang Sudrajat  menambahkan, kegiatan tes kesemaptaan jasmani bertujuan untuk mengetahui kondisi maupun tingkat kebugaran para Pasis Seskoau A-56. Sebelum melaksanakan tes samapta ini para Pasis sudah diberikan kesempatan untuk pembinaan fisik secara leluasa yang diawali dengan kegiatan lari pagi, senam jasmani hingga olah raga kecabangan yang dimiliki. Sehingga kesemaptaan yang diujikan untuk mengukur kekuatan stamina dan ketahanan fisik yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan mendapatkan hasil yang maksimal jelasnya.

Dalam pelaksanaan Tes kesamaptaan Jasmani yang menjadi sumber penilaian dari aspek Jasmani pada tiap tingkatan masing-masing aspek mempunyai bobot tersendiri. Ada 5 item yang diukur dalam tes kesamaptaan Jasmani ini, yakni : Lari selama 12 menit, Pull Up (pria) dan Chinning (wanita), Sit Up, Push Up, Shuttle Run (Lari membentuk angka 8). Tes kesemaptaan jasmani Pasis Seskoau A-56 diikuti sebanyak 132 Perwira berlangsung aman tertib dan selamat.