NCO, Tema Seminar Nasional Pasis Seskoau A-55

Penseskoau, Selasa (23/10). Network Centris Operations (NCO). merupakan konsep peperangan atau operasi di Era Informasi yang terfokus pada pembangunan koneksi/jaringan antar berbagai organisasi dan satuan tempur yang terlibat dalam operasi, terutama diarahkan untuk mewujudkan kewaspadaan situsional bersama atau shared situtional awareness, kecepatan komando dan pengendalian, serta kualitas informasi yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu yang diwakili Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Hadian Sumintaatmadja, ketika bertindak sebagai Keynote Speech pada Seminar Nasional Pasis Seskoau Angkatan ke-55 di Bangsal Srutasala Kampus Seskoau Lembang Bandung Barat (23/10/2018).

Selanjutnya, implementasi konsep Network Centris Operations adalah mengintegrasikan semua entitas yang beroperasi secara terpisah, di lingkungan yang berbeda, baik di darat, laut, udara, dan ruang angkasa. “informasi yang dipertukarkan antar entitas melalui komunikasi secara real-time tidak hanya terbatas pada teks saja, namun juga dapat berbentuk data lainnya, seperti gambar/citra dan video “, kata Menhan RI.

Sementara itu, Komandan Seskoau Marsda TNI Donny Ermaran dalam sambutannya yang dibacakan Wadanseskoau Marsma TNI Kusworo, S.E., M.M. mengatakan melalui momentum seminar ini, diharapkan, para Perwira Siswa Seskoau dapat mencurahkan segenap pemikirannya yang orisinil dan dituangkan dalam suatu naskah seminar yang bernilai strategis serta dapat diaplikasikan secara nyata sesuai tema ”Pembangunan Network Centric Operation (NCO) untuk mendukung Program Poros Maritim Dunia (PMD)”, ujar Komandan Seskoau.

Dalam seminar ini menghadirkan tiga pembahas, Connie R, Bakri ( Pemerhati Teknologi Pertahanan), Marsma TNI Totok Budiarto (Staf Ahli Panglima TNI) dan Kolonel Tek J.K. Ginting, M.Mgt. Studi, qtc . Sedangkan Penangap Budi Youyastri (Anggota Komisi I DPR RI), dan Letkol Pnb Andjar Legowo (Pabandya Ops Kohanudnas. Hadir sebagai undangan perwakilan dari Sesko TNI, Sespimti, Seskoad, Seskoal, mahasiswa Panca Sarjana dari ITB, Unpad, dan Unhan.