Komitmen TNI Di Tahun Politik

Penseskoau, Rabu (17/01). Kepala Koordinator Dosen (Kakordos) Seskoau Kolonel Tek Y. Catur Prasetiyanto Panggih bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara bendera tujuh belasan bulan Januari 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Widya Krida Seskoau Lembang Bandung, Rabu (17/01/2018). Upacara dihadiri oleh para pejabat, para Dosen dan Perwira Penuntun, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Perwira Siswa (Pasis) Seskoau Angkatan ke-55.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP. mengatakan, tahun 2018 ini adalah tahun politik, dengan diselenggarakannya Pilkada Serentak di 171 daerah dan harus menjadi perhatian kita bersama. Karena hal tersebut berpotensi menimbulkan konflik dan kerawanan berupa pertikaian horizontal maupun vertikal yang dapat mecederai pesta demokrasi nasional, bahkan dapat mengoyak Kebhinekaan bangsa kita.

Oleh karena itu, menurut Panglima TNI, ”jika potensi konflik dan kerawanan Pilkada serentak 2018 tidak ditangani secara tuntas dan diantisipasi secara dini, bukan tidak mungkin dapat memicu kegagalan pada Pilkada serentak 2018, yang akan berimbas hingga penyelenggaraan Pemilu dan Pilpers 2019”, ujarnya.

Terkait hal itu, Panglima TNI, perintahkan kepada Prajurit TNI dimanapun bertugas untuk selalu tetap berpegang teguh pada Komitmen Netralitas TNI dan menghindari sikap dan perilaku yang menjurus pada politik praktis. ”TNI bersikap netral dan melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan prosedur yang berlaku”, tegas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.IP.